halaman

kotak pencarian

Senin, 09 Agustus 2010

Cara Memilih Restoran

ALTERNATIF PILIHAN UNTUK RESTORAN

Dalam memilih mana restoran atau rumah makan yang memberi tingkat kepuasan bagi konsumen memang agak susah. Mengingat jenis restoran yang ada sangat banyak dan bervariasi. Apakah itu restoran tradisional/ rumah makan tradisional maupun yang modern, mulai warung tegal, warung tenda, restoran kecil, restoran besar, restoran fast food, dll. Disamping itu selera dan kepuasan masing-masing konsumen berbeda-beda.
Walaupun demikian, saya mencoba memberi gambaran jenis restoran yang dapat memberikan kepuasan kepada saya.
Dari Tabel 3 halaman 15 Hand Out Materi Perkuliahan Manajerial Ekonomi dengan judul Atribut dan Harga Makan di 6 Restoran saya mencari 3 alternatif restoran yang dapat memuaskan saya, yaitu :
1.    Pilihan pertama saya adalah Restoran F yang memiliki derajat atribut nyaman sebesar 10 dan derajat atribut lezat sebesar 77.
2.    Sebagai alternatif kedua saya memilih Restoran D dengan derajat atribut nyaman sebesar 57 dan derajat atribut lezat sebesar 90.
3.    Sebagai alternatif terakhir pilihan saya jatuh pada Restoran E dengan derajat atribut nyaman sebesar 18 dan derajat atribut lezat  sebesar 72.
Adapun alasan saya memilih Restoran F sebagai pilihan pertama, Restoran D dan E sebagai alternatif berikutnya  yang dapat memberikan kepuasan kepada saya tidak lain  karena dalam hal memilih kuliner saya  mengutamakan rasa dan kelezatan dari makanan dan minuman yang disajikan, disamping pertimbangan harga yang terjangkau bagi masyarakat menengah seperti saya. Untuk kenyamanan restoran, menjadi pertimbangan tersendiri bagi saya, seperti kebersihan restoran, suasana romantis, udara yang segar, tempat yang luas, dekorasi ruangan serta pelayan yang cantik dan ramah tentu merupakan hal yang penting. Namun semua itu tidak ada artinya bila rasa makanan dan minuman yang disajikan tidak lezat apalagi ditambah pelayanan yang lama bisa membuat kita kehilangan mood dan merusak suasana hati.
Bagi saya, restoran yang mentereng dan harga mahal bukan jaminan kepuasan, ada kalanya makan di tempat-tempat seperti itu hanya untuk mengangkat prestise si konsumen semata. Makanan adalah salah satu bagian yang paling penting dalam memilih restoran, untuk itu dalam memilih restoran/ rumah makan saya selalu menyesuaikan menu yang cocok dengan selera dan kemampuan saya. Biasanya saya  memilih restoran/ rumah makan yang menyediakan masakan indonesia dengan bumbu khas yang membuat  lidah ketagihan. Bila tidak menemukan restoran dengan menu Indonesia, sebagai alternatif kedua saya biasanya mencari restoran yang menyediakan Chinese Food, selain bahan-bahan yang digunakan masih fres, dari segi harga juga tidak terlalu mahal.
Demikian…..,terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar